Minggu, 13 November 2011

You will get to know Indonesia in TMII

heii teman-teman ku semua, kali ini postingan saya bakal ngebahas suatu taman atau wahana wisata yang keren dan asyik banget buat dikunjungi bersama keluarga, sahabat, teman-teman, maupun dengan kekasih kita.  Dan yang pastinya selain untuk wisatawan lokal seperti kita, tempat ini pun hasilnya bakal menarik para wisatawan asing juga loh. Lah kok bisa ?? nah untuk itu ikutin saya untuk pembahasan kali ini yuk!!

Teman-teman sudah tau apa arti dari Taman Indonesia Indah (TMII)??? hmm,   jangan-jangan cuman tau sebagai tempat atau wahana bermain saja lagi?? hahhaha. tapi tidak tau apa artii sesungguhny?? hehehe.
apa yang pertama ada di fikiran teman-teman jika mendengar tentang Wahana Taman Mini Indonesia Indah. Yang Pasti teman-teman hanya berfikir Wahana hanya untuk bermain, bersantai, dan hanya mengetahui kebudayaan Indonesia tetapi hanya tau sebagian dan sekedarnya saja. Untuk mengetahui lebih pasti dan lebih banyak Tentang Indonesia yang ada di TMII. nah disini saya akan membahas tentang Taman Mini Indonesia Indah nih. Kenapa? Karena di TMII semua tentang Kebudayaan Indonesia muai dari keragaman kuliner, pentas seni, upacara adat, penyajian benda-benda budaya, dan berbagai seluk beluk yang terkait dengan daerah bersangkutan, yang secara nyata menunjukkan ke Bhinneka Tunggal Ika-an Indonesia pun ada di Taman Mini Indonesia Indah.
 
Langsung saja kali yaa.. Taman Mini Indonesia Indah artinya apa untuk lebih detailnya dan apa saja sih yang ada di Taman Mini indonesia Indah??
Taman Mini Indonesia Indah merupakan taman miniatur Indonesia secara lengkap, baik bentang darat, kekayaan alam, aneka warna seni dan budaya daerah, maupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berbagai bentuk seni dan budaya masa kini tersajikan disini. 
Paparannya diwujudkan dalam bentuk Miniatur Arsipel Indonesia yang merupakan danau buatan dengan tiruan kepulauan Indonesia berikut penampang daratnya beserta anjungan-anjungan daerah. Tiap anjungan tersebut menampilkan rumah adat bercorak arsitektur tradisional dan secara utuh menggambarkan keragaman budaya Indonesia dalam sebuah tampilan yang kecil namun sangat indah. Taman ini sengaja dibuat sebagai wahana yang dapat merepresentasikan kebhinekaan Indonesia dan kekayaan khasanah budaya bangsa.  
Sebagai sebuah kawasan objek wisata yang terbilang megah, TMII menempati area seluas 165 hektar di Jakarta Selatan.  Lahan tersebut pada mulanya merupakan daerah persawahan dan perladangan milik rakyat, namun kemudian ditransformasikan menjadi kawasan wisata TMII.
TMII terus berhias dan berbenah, sehingga disamping menjadi sarana informasi dan pendidikan bagi generasi penerus, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga merupakan salah satu wisata di indonesia yang memperlihatkan tentang budaya-budaya bangsa Indonesia dan Taman Mini Indonesia terhadap industri pariwisata sangat berpengaruh demi memperkenalkan budaya bangsa serta dapat mengenal lebih jauh tentang budaya itu sendiri.
Di sisi lain, secara spesifik bentuk-bentuk bangunan di TMII sangatlah menarik dan juga sangat mendidik, karena banyak sekali wawasan yang dapat kita ambil di Taman Mini Indonesia Indah, seperti tentang kebudayan yang ada di Indonesia. Di TMII menyajikan wahana dan fasilitas secara rekreatif, informatif, edukatif, komunikatif, dan atraktif (RIEKA). 
Dengan fasilitas yang ada antara lain : 32 Anjungan Daerah, Arsipel Indonesia, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Istana Anak Anak Indonesia, 11 Unit Taman antara lain Taman Burung, Taman Akuarium Air Tawar, Taman Bunga Keong Emas dan yang saat ini sedang dibangun yaitu Taman Budaya Tionghoa Indonesia. Penampilan 15 Unit Museum antara lain Museum Indonesia, Museum Transportasi, Museum Minyak & Gas Bumi, serta berbagai sarana hiburan yang menarik seperti Teater Imax Keong Emas, Kereta Gantung, Aeromovel, Kereta Api Mini, Snow Bay Water Park menawarkan nuansa yang menarik.
Tujuan Mendirikan Taman Miniatur yaitu Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah untuk memupuk, membina persatuan bangsa, menjunjung tinggi kebudayaan nasional, memperkenalkan kebudayaan, adat-istiadat, dan perilaku masyarakat Indonesia kepada rakyat Indonesia sendiri dan bangsa lain. Tujuan lain dibangunnya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yaitu dengan memperkenalkan kepada dunia luar atas keanekaragaman yang di miliki Indonesia untuk menarik wisatawan supaya mengenal budaya bangsa Indonesia.
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dapat di jadikan sebagai Pendorongan atas perkembangan kebudayaan bangsa yang telah dimiliki serta kecintaan terhadap kebudayaan bangsa kita sendiri. Serta dapat pula memperlebar isi dalam Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) agar dapat sepenuhnya budaya yang ada di Indonesia terkumpul di dalamnya. Dengan itu kita dapat mengetahui berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia dengan cara: Mempelajari Rumah adat yang berada di Indonesia ; Dapat menumbuhkan rasa seni budaya dalam diri, Mengenal musik – musik dan tarian daerah yang ada di Indonesia, Mempelajari barang-barang antik yang bersejarah. Selain itu juga menambah pemasukan bagi bangsa Indonesia, kerena banyak wisatawan yang ingin mengenal bangsa Indonesia.
Permasalahan yang mungkin sedang dihadapi setelah dibangunnya Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) yaitu dapat memberikan dampak yang tidak baik khususnya dalam segi pariwisata di daerah. Pariwisata yang ada langsung di daerah-daerah Indonesia terabaikan, dengan adanya Taman Mini Indonesia Indah. Pariwisata yang ada di daerah-daerah Indonesia tidak terpakai dan bahkan sepi akan pengunjung, hanya untuk orang-orang yang memiliki penghasilan lebih untuk berpariwisata langsung ke daerah-daerah Indonesia. 
Pariwisata TMII Dilihat Dari Sector Riil Ekonomi Untuk mempertahankan Taman Mini "Indonesia Indah" seperti keadaannya kini, diperlukan kesiapan dalam berbagai bidang. Dana dan sumber daya manusia untuk mengelolanya harus selalu tersedia dengan taraf yang cukup tinggi. Pengelolaan ini bukan sekedar menampilkan keberadaan fisiknya saja, tetapi yang lebih penting ialah mewujudkan penampilan yang memenuhi landasan filsafati yang telah dijadikan pijakannya. Anjungan tidak sekedar menggelar pameran benda-benda peninggalan kebudayaan masa lalu atau menggelar pertunjukan tarian saja juga, tetapi harus dapat mengajak masyarakat untuk menemukan cara dan jalan dalam menuju cita-cita yang dinyatakan dalam prospek pembangunan Proyek Miniatur "Indonesia Indah". Mewujudkan tugas ini tidak mudah dan tidak ringan. Untuk melaksanakannya dituntut ketangguhan sumber daya manusia yang mampu memujudkan cita-cita bangsa dalam bentuk yang relatif sangat terbatas, dan dana penyelenggaraan yang harus tersedia untuk tidak membatasi gerak. 
Sebenarnya keberadaan Taman Mini Indonesia Indah mempunyai dampak yang baik bagi Pendapatan Daerah(PAD) khususnya kota Jakarta . Dalam setiap tahunnya retribusi yang di dapatkan dari pajak. Maka industri pariwisata dapat diandalkan sebagai sektor yang berpotensi dalam melipat gandakan Pendapatan Daerah (PAD) khususnya bagi daerah daerah yang miskin akan sumber daya alam , hanya saja dalam pengelolahanya dapat dijalankan dengan semestinya dan secara berkesinambungan dalam mendukung perkembangannya. Kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) sektor Pariwisata dalam PAD adalah sebagai salah satu sektor yang sangat potensial yang dapat memberikan alternatif lain sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah, dengan potensi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan yang besar untuk menciptakan peluang dan kesempatan kerja baru dalam kegiatan ekonomi.  Dampak dalam sektor jasa dan angkutan Proyek Miniatur Taman Mini "Indonesia Indah" sudah jauh berkembang dari keadaan pada awalnya. Taman Miniatur "Indonesia Indah" telah memiliki 22 bangunan pokok dan pendukung, 27 anjungan daerah, 24 museum dan taman, 6 rumah ibadah, 5 sarana rekreasi, beserta sarana penunjangnya, seperti akomodasi, transportasi, rumah makan, dan bangunan-bangunan lain yang ikut melengkapi penampilan Taman Mini "Indonesia Indah". Dalam jasa dan angkutan yang di berikan dapat melayani aktivitas para wisatawan yang ingin menikmati objek wisata di daerah , Seperti halnya di Jakarta . Taman Mini Indonesia Indah untuk mengunjungi tempat tersebut kita dapat menggunakan jasa angkutan umum. Selain itu ada juga fasilitas lainnya.
Aeromovel adalah jenis sarana transportasi yang berjalan mengunakan tenaga angin sebagai daya dorongnya. Jenis transportasi ini berjalan dalam sebuah lintasan yang juga disebut monorail. Menggunakan Aeromovel untuk berkeliling kawasan TMII tentu akan memberikan pengalaman tersendiri bagi para turis. 
 Kereta gantung ( Sky lift ) merupakan sarana yang sangat diminati pengunjung kawasan TMII. Pasalnya, dengan menaiki kereta ini, para pelancong dapat melihat keseluruhan area TMII dari tempat yang cukup tinggi secara lebih jelas dan cepat. 
 Dampak terhadap sektor industri pariwisata di daerah Dalam upaya mempersiapkan generasi penerus untuk terus mencintai, menghayati dan mendalami seni budaya bangsanya, TMII melalui sanggar-sanggar pendidikan seninya secara aktif menggugah minat dan apresiasi generasi muda, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Upaya pendidikan dan pembinaan ini telah menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan. Melalui sanggar-sanggar tari dan musik di lingkungan TMII, masyarakat dari berbagai generasi pun dapat bersama-sama mengenal, mempelajari, melestarikan dan mengembangkan beragam aspek seni budaya Indonesia. TMII tercatat sebagai kawasan wisata Indonesia yang paling banyak menggelar produk-produk kesenian daerah. Di tiap Anjungan. maupun di tiap sudut bagiannya. setiap hari ada saja pesona budaya daerah yang bisa disaksikan pengunjung. Atraksi-atraksi menarik yang pada akhirnya akan mendorong pengunjung untuk datang ke daerah tersebut manakala ada kesempatan.Pada tahun 1995 pula TMII memperoleh Penghargaan Penghijauan Lingkungan dari Pemerintah DKI Jakarta. TMII merupakan hasil karya putra-putri Indonesia dalam upaya melestarikan, membina dan mengembangkan serta menyebarluaskan ragam aspek budaya Indonesia. 

Selesai deh pembahasan saya mengenai Taman Mini Indonesia Indah, gimana seru kan cerita tentang Wahana Taman Mini Indonesia Indah. Untuk itu, ayooo jangan fikir lama-lama untuk tidak mengunjungi Taman Wisata ini. Kalau tidak, teman-teman pasti menyesal lohh!! Ditunggu yaa kedatangannya teman!!!

0 komentar:

Posting Komentar