Sabtu, 12 November 2011

Persamaan dan perbedaan antara IBD dan IPS

Soal : Jelaskan persamaan dan perbedaan antara IBD dan IPS


Pengertian IBD dan IPS
  •       IBD (Ilmu Budaya Dasar) adalah ilmu yang mempelajari  nilai-nilai yang terkandung dalam budaya tersebut. Macam-macam budaya diantaranya Budaya Agama, Norma, Asusila, dan sebagainya.Contoh budaya agama yaitu Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan lainnya, walaupun Indonesia berbeda-beda agama persatuan dan kesatuan yang akan di utamakan, hal tersebut menjadi budaya yang ada di Indonesia. Selain itu, ada juga Budaya seni tari yang banyak macamnya di Indonesia seperti Tari Jaipong, pendet, dan sebagainya. Tujuan dari IBD yaitu agar nilai-nilai sejarah budaya kita tidak terus memudar atau ditinggalkan begitu saja, kita harus mencintai budaya bangsa  sendiri, dengan kata lain melestarikan budya tersebut dengan semampu kita. 
  •    IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) adalah Ilmu Pengetahuan Sosial, biasa disingkat IPS, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia di masa kini dan masa lalu. IPS tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat. Karena sifatnya yang berupa penyederhanaan dari ilmu-ilmu sosial, diIndonesia IPS dijadikan sebagai mata pelajaran untuk siswa sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah tingkat pertama(SMP/SLTP). Sedangkan untuk tingkat di atasnya, mulai dari sekolah menengah tingkat atas (SMA/SMU) dan perguruan tinggi, ilmu sosial dipelajari berdasarkan cabang-cabang dalam ilmu tersebut khususnya jurusan atau fakultas yang memfokuskan diri dalam mempelajari hal tersebut. Contoh Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial yaitu Sejarah, Ekonomi, Geografi dan Sosiologi. IPS juga sebagai Ilmu yang mempelajari nilai-nilai yang ada pada diri manusia sebagai makhluk sosial yang diciptakan oleh Tuhan bahwa manusia tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Tujuan dari IPS ini yaitu agar terjalinnya hubungan sebagai manusia individu maupun kelompok untuk saling berbagi dan menjalin komunikasi dengan yang masyarakat yang lainnya.
Perbedaan antara Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial :
  • Ilmu Budaya Dasar merupakan pelajaran yang diberikan pada tingkat perguruan tinggi sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan pada tingkat pendidikan dasar maupun tingkat pendidikan lanjutan menengah pertama sampai menengah atas. 
  • Ilmu Budaya Dasar merupakan matakuliah tunggal artinya tidak memiliki kelompok mata pelajaran sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah kelompok dari sejumlah mata pelajaran diantaranya Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan lain-lain.
  • Ilmu Budaya Dasar bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
Persamaan antara IBD dan IPS :
  •    Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan atau pengajaran.
  •       Keduanya bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
  •       Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social serta membahas tentang manusia dan permasalahan sosial di dalamnya
     Sumber: www.google.com

    0 komentar:

    Posting Komentar