Sabtu, 12 November 2011

Perbedaan mengenai Hakikat Manusia sebagai Makhluk Social dan sebagai Makhluk Ekonomi

Soal :  Jelaskan perbedaan mengenai Hakikat manusia sebagai makhluk social dan sebagai makhluk ekonomi??

perbedaan Hakikat manusia sebagai makhluk social dan sebagai makhluk ekonomi
Manusia sebagai Makhluk Sosial artinya manusia sebagai warga masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat hidup sendiri atau mencukupi kebutuhan sendiri. Meskipun dia mempunyai kedudukan dan kekayaan, dia selalu membutuhkan manusia lain. Setiap manusia cenderung untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan bersosialisasi dengan manusia lainnya. Dengan kata lain manusia sebagai makhluk social bisa diartikan sebagai makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Sebagai makhluk sosial karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, manusia sebagai makhluk sosial pada dasarnya adalah kesadaran manusia tentang status dan posisi dirinya adalah kehidupan bersama, serta bagaimana tanggungjawab dan kewajibannya di dalam kebersamaan. 

 
Gambar Manusia sebagai Makhluk Sosial

Disamping sebagai mahkluk sosial manusia juga sebagai makhluk ekonomi, makhluk ekonomi bermakna sebagai makhluk yang selalu berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan hidupnya, tetapi manusia tetap memiliki hak untuk menentukan nasibnya sendiri. Sebagai manusia tentu memilki kebutuhan yang beranega ragam. Setiap manusia butuh makan dan minum agar tetap hidup. Manusia membutuhkan pakaian untuk dapat bergaul dengan baik dengan manusia lainnya. Manusia juga butuh rumah sebagai tempat berlindung. Pendidikan, kesehatan, hiburan, dan kebutuhan lainnya juga diperlukan manusia agar hidup lebih layak.
Dalam memenuhi segala kebutuhan ekonominya, manusia berusaha seoptimal mungkin untuk bisa memenuhi segala kebutuhan ekonomi. Berbagai usaha pun di lakoninya. Contohnya manusia butuh uang. Untuk mendapatkan uang, manusia harus bekerja. Setelah bekerja dan mendapatkan uang, uang itu kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Di samping itu, uang tersebut ditabung untuk kebutuhan-kebutuhan yang akan datang. Jadi, manusia selalu penuh perhitungan dalam hidupnya. Karena itulah manusia disebut makhluk ekonomi (homo economicus) karena manusia selalu memikirkan upaya untuk memenuhi.
Gambar Manusia sebagai Makhluk Ekonomi

Sumber: www.google.com

0 komentar:

Posting Komentar