Jumat, 08 November 2013

Autobiografi



Hallo…Perkenalkan, Nama lengkap saya Siti Nurhasanah. Saya dipanggil Nung sejak lahir oleh keluarga dan orang-orang terdekat di lingkungan rumah. Dan ada juga memanggil diri sendiri dengan sebutan Anna oleh teman-teman sekolah (sd, smp, smk) maupun kuliah. Nama saya juga ada artinya lho… Artinya, Siti yang mempunyai arti Tanah, Nur artinya Cahaya dan Hasanah artinya Lembut. Nama itu diberikan Ibu sebelum saya lahir.
Ibu melahirkan saya di Jakarta, 4 September 1993 dan usia saya sekarang 20 tahun.  Saya terlahir dengan kulit putih. Sejak kecil saya mempunyai rambut yang tipis serta bertubuh yang kecil. Ciri khas saya sangat Asia sekali.
            Ayah saya, Sardi, hanya seorang wiraswasta. Sedangkan Ibu saya, Marsih, seorang Ibu rumah tangga yang baik. Saya anak ke 3 dari 3 bersaudara. Tentu saja saudara kandung saya adalah kedua kakak saya. Mereka Perempuan. Kakak pertama saya, Sri Rohnawati jurusan Akuntansi di STIE Indonesia sekarang Kak’Sri sudah bekerja di kantor yang lokasinya di harapan indah. Tentu saja kakak saya bekerja dibagian keuangan seperti mengurus gaji-gaji para karyawan, orang-orang yang ingin membeli rumah di harapan indah, dan lain-lain, sedangkan kakak kedua saya, Amy lidiawati jurusan Administrasi Perkantoran di SMK 46 Jakarta Timur. Kak’Amy juga sudah bekerja di Perusahaan Produk Minuman yaitu Milkuat. Tak jarang kakak saya yang satu ini membawa minuman susu maupun yogurt. Kedua-duanya kakak saya sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Dan bila sedang berkumpul suasana keluarga saya sangat berisik, ribet, sering berantem dan tentu saja rumah menjadi berantakan. Ditambah lagi jika keluarga besar saya sedang ngumpul ah sudah tidak dibayangkan lagi pastinya gimana.. tapi dilain sisi saya senang sekali keluarga saya berkumpul bersama. Kini kami tinggal di Jalan Mawar-Merah  RT005/01 Kelurahan : Pondok kopi Kecamatan Duren sawit. Dan kedua kakak-kakak saya sudah mempunyai rumah sendiri walaupun letaknya tak jauh dari alamat rumah ini, masih digang yang sama. Dan kini tinggal saya, ibu, ayah dan sodara saya yang membantu ayah untuk mencari rezeki.
            Saya melalui jenjang pendidikan TK, SD, SMP, SMK dan kini KULIAH. Saya masuk TK NURCAHYA  yang terletak di Jalan Bunga Rampai pada tahun 1997 dan lulus tahun 1998. Kemudian ketika SD, saya masuk di SDN 09 pagi  yang lokasi jaraknya dekat dengan TK,  saya masuk SD pada tahun 1999 dan lulus tahun 2004 Setelah itu masuk SMP CORPATARIN UTAMA yang terletak di Jalan Pondok Kopi Raya No 87 tahun 2005 dan lulus tahun 2007 Kini saya masuk SMKN 46 JAKARTA TIMUR di Jalan Cipinang Pulo pada tahun 2008 dan lulus tahun 2010. Selanjutnya di tahun 2011 saya melanjutnya perguruan tinggi di sebuah universitas yaitu Universitas Gunadarma. Alhamdulillah saya di Universitas Gunadarma mendapatkan beasiswa grade 1. Jadi ya lumayan lah bisa mengurangi biaya kuliah yang sekarang ini sangat tinggi.
Sewaktu SD yang paling berkesan buat saya adalah saya selalu mendapat Ranking di 10 besar  mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.  Dan untuk SMP kemampuan saya terletak di pelajaran musik, terbukti saya menjadi salah satu pemain musik Pianika dan Suling  saat saya kelas 7 sampai kelas 8 SMP.  Dan untuk anggota yang sudah naik ke kelas 9 diharapkan untuk berhenti dari keaktifan dikarenakan harus serius untuk belajar dan mempersiapkan untuk UN (masuk SMA ternama). Dan kami pernah memainkan bahkan melombakan music antar sekolah di Jakarta.  Bukan hanya itu saja anggota music saya selalu dipakai dan ditampilkan pada saat acara upacara setiap hari senin ataupun acara-acara resmi seperti HUT Kemerdekaan RI.
            Pengalaman yang paling berkesan, tak terlupakan, sekaligus menarik ialah ketika saya dan teman-teman yang sama-sama mengikuti musik memerankan musik kami di salah satu SMPN ternama di Jakarta. Kami datang ke sana dengan naik bus sewaan. Sesampai di sana, kami duduk di bangku penonton bersama guru pembimbing kami sekaligus yang mengajarkan musik kepada kami. Acara belum dimulai, musik instrumen masih mengalun memberi hiburan pada penonton yang sudah datang. Kami naik panggung setelah penampilan dari SMPN  yang lain. Saat penampilan SMPN yang lain sudah tampil, kami langsung bersiap-siap di belakang panggung. Ketika nama Sekolah saya (SMPCORPATARIN UTAMA), kami berjalan naik ke panggung. Saat berjalan, saya masih berdebar-debar karena itu pertama kalinya saya naik panggung. Kami di tonton ratusan penonton. Selesai itu, suara tepuk tangan dari banyak penonton terdengar sampai memenuhi ruangan. Kami tampil dengan baik karena kami sudah berlatih keras untuk itu! Penampilan tadi sangat membuat kami bangga! Saat sekolah kami menunggu pengumuman apakah sekoalah kami mendapatkan juara atau tidak, ternyata sekolah kami menang mendapatkan juara ke 2. Tetapi pialanya tersebut disimpan dan dipajang disekolah untuk menjadi kenang-kenangan dari anak-anak muridnya.
            Hobi yang paling saya sukai ialah mendengarkan musik, mencoba untuk membuat masakan untuk cemilan seperti risolles, martabak campur mie dan telor, Pizza mie, Pisang goreng, dan masih banyak  lagi. Kebiasaan saya yang lain yaitu makan coklat karna rasanya itu enak banget dan kalau sudah sekali makan pasti ketagihan, pengen lagi dan lagi.  Jika saya makan coklat itu rasanya  hati seneng aja, berasa seperti bermain ditaman dengan pasangan. Haha.. .  dan Ya sih coklat itu bikin tubuh kita jadi gemuk tapi yam au gimana lagi saya suka dengan coklat. dan yang terakhir hobi saya membuat cerpen atau puisi.  Karena sanking saya menyukai nulis jika saya ada waktu luang dan lagi mood saya membuat kultwit di twitter.  Sehingga teman-teman saya pun mendukung saya untuk menulis dan banyak yang menyarankan saya untuk ini dan itu. Dan itu yang membuat saya senang atau bangga pada diri saya berarti mereka suka memperhatikan saya.  Saya pun ingin tulisan-tulisan saya bisa dinikmati oleh siapa, kapan dan mudah jika ingin dicari atau dibaca. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat website “Tumblr” yang isinya semua tulisan saya. Saya membuat nama website Tumblr saya dengan link seperti ini “sweetlovelollypop.tumblr.com”.


 Seperti inilah tampilan Tumblr saya.
 Untuk kamu yang membaca autobiografi saya, boleh dan silahkan buka link tersebut. Semoga suka ya dengan tulisan-tulisan saya, maaf jika terdapat kesalahan. Karena saya juga masih belajar.
Saya juga suka membaca buku-buku atau cerpen yang menginspirasi  dari penulis-penulis hebat. Buku yang paling saya favoritkan, contohnya buku “Cinta (baca cinta dengan titik”  yang menceritakan tentang orang ketiga dalam suatu hubungan. Dimana orang ketiga belum tentu salah sepenuhnya, tetapi pasangan itulah juga salah. Orang ketiga tidak akan masuk jika pintu lain tidak dibuka dan buku yang saya ceritakan disini adalah buku kisah nyata dari seorang wanita yang curhat dengan penulisnya sendiri dan meminta agar kisahnya dibukukan. 

 Ini foto saya dan Cinta. (baca cinta dengan titik)

Saya bukanlah anak yang rajin membaca buku sekolah, saya lebih menyukai belajar dengan mendengarkan penjelasan dari Guru, belajar lewat praktek, dan belajar lewat pengalaman orang lain atau diri saya sendiri.
Saya menyukai hobi membuat cerita karena itu melatih saya dalam berimajinasi. Sedangkan mendengarkan musik saya sukai karena jiwa saya bisa terhibur dan pasti semua orang  juga menyukainya
            Saya merupakan orang yang pendiam dan sensitive. Tapi di sisi lain saya orang yang tenang dan mudah memahami orang. Jika masalah menghadang, saya tetap bersikap tenang walaupun masalah itu besar. Itu merupakan siasat saya supaya bisa memikirkan cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kadangkala, saya suka bermimpi seperti yang dilakukan Aray dalam film Sang Pemimpi. Lainnya, ia bermimpi ingin ke Paris sedangkan saya ingin ke Mekkah (Rumah Allah). Nilai-nilai moral dalam diri saya, tetap tenang walau badai menghadang.  Nabi Muhammad, para penemu-penemu dunia, dan para tokoh musik klasik adalah tokoh Idola saya. Saya juga mengidolakan Doraemon sejak SMP karena Doraemon mempunyai kantong ajaib yang berisi alat-alat canggih. Ia menginspirasi saya untuk menjadi seorang penemu.
            Menjadi dokter adalah cita-cita saya sejak sebelum sekolah sampai kelas SMK. Lalu ketika saya kuliah, cita-cita saya berubah saya ingin menjadi penulis novel, cerpen, dan karya tulis lainnya. Karena itu saya mulai menulis berbagai tulisan mulai dari puisi, cerpen atau kultwit di twitter. Dan saya ingin mencoba menulis tentang horror kali ya, karena saya sangat menyukai cerita dan meonton film horror Indonesia ataupun dari Barat. Alhamduillah lho saya bukan orang yang penakut karena bagi saya sebangsa setan dan jin dunianya berbeda, dia takkan menganggu jika manusia tak menganggunya dan dari manusianya tersebut beriman. Mungkin seandainya bisa terjadi saya ingin jadi dokter dan penulis.  Hehe …. Tapi sayangnya saya kuliah ambil jurusan Manajemen karena untuk megambil jurusan Dokter terbentur oleh biaya yang sangat mahal.

Demi bangsa ini, berusahalah menggapai apa yang kita inginkan dan janganlah terpengaruh oleh orang lain! Kita bebas bermimpi. Bermimpilah!
            Di Smp  pengalaman organisasi saya yaitu manjadi anggota music dan paduan suara. Tak jarang saya dipilih menjadi Dirgen atau yang mempimpin anggota saya agar  anggota  saya memainkan music atau paduan suara menghasilkan yang indah dari permainannya. Di SMK pengalaman organisasi saya  yaitu menjadi anggota mading dan jabatan saya menjadi bendahara. Organisasi mading ini sangatlah menyenangkan, karena disini ide dan inspirasi saya bisa saya salurkan. Saya juga enjoy dan menikmati sekali. Hal yang paling berkesan dimana saya dan anggota ingin mewawancara beberapa orang dilokasi yang mana lokasi tersebut masih tanah dan abis diguyur hujan. Tanah tersebut menjadi belok dan kamipun harus susah payah melewatinya karena orang yang ingin kita wawancarai lumayan jauh dari jangkauan kita. Di SMK, waktu masih kelas satu saya dipercaya teman-teman menjadi wakil kelas dan kelas dua menjadi sekretaris.
            Di rumah saya juga mengikuti organisasi karang taruna dengan jabatan sekretaris dimana organisasi ini dibutuhkan menjadi panitia jika dilingkungan rumah meriahkan acara-acara seperti lomba 17 agustus, menjadi panitia pemilu, dan acara-acara remaja lainnya.
            Selanjutnya pengalaman saya yaitu manjadi member atau anggota oriflame, karena dengan menjadi member atau anggota oriflame ini keuntungan dan pengalaman yang saya dapat  banyak sekali. Saya disini bertemu dengan orang-orang baru yang umurnya lebih diatas maupun dibawah saya. Dengan ini juga saya banyak belajar bagaimana cara bermake up yang baik, bagus dan cantik diwajah. Dan yang paling saya sukai disini yaitu bisa menghasilkan uang sendiri. Cuman modal katalok saja, sebarkan dan tunggu saja hasilnya apakah orang yang sudah melihat katalok ingin membeli barang-barang tersebut atau tidak. Tapi sayang saya bertahan cuma 1 tahun dikarenakan member tersebut cuman sampai 1 tahun kecuali jika ingin memperpanjangnya. Saya pun tak memperpanjangnya karena waktu saya sangat sibuk dengan kuliah saya. Saya ingin focus terhadap kuliah saya.
Ini foto Id Card saya dari member atau Consultant Oriflame

 ARTI SUKSES
Arti sukses bagi saya yaitu kesuksesan adalah sebuah perjuangan dan doa karna dari hasil perjuangan itu sendiri yaitu sukses. Ya walaupun ada seseorng yang sudah bejuang dan  berkorban tapi tidak membuahkan kesuksesan berarti orang itu tidak sungguh-sungguh menginginkan kesuksesan itu karna yang sungguh-sungguh menginginkan kesuksesannya adalah orang yang yang berjuang dengan sungguh-sungguh dibarengi dengan doa karna kalau usaha tidak dibarengi dengan doa itu namanya takabur,mereka yang seperti itu adalah orang-orang yang terlalu pede dengan kemampuannya padahal ada hal yang paling penting yang bisa merubah kehidupan kita lebih mudah yaitu dengan do’a tapi sebaliknya kalau kita itu berdo’a terus tidak dibarengi dengan usaha atau perjuangan itu sama sekali bohong dan jikalau seperti itu sama sekali tidak akan berbuah kesuksesan.
Dan kesuksesan itu sebuah prestasi yang diraih oleh seseorang yang kehidupannya penuh dengan manajemen. Mereka dapat memanaj kehidupannya dengan serapih mungkin atau bisa disebut juga dengan orang-orang disiplin. Karna saya lihat orang-orang disekeliling saya yang meraih kesuksesan adalah orang-orang yang kehidupannya yang kelillingi oleh kedisiplinan.

RENCANA JANGKA PENDEK
1.     Mahir  berbahasa Inggris, Paris, Mandarin, Jerman, Spanyol tulisan maupun tulisan
2.     Sukses di PI dan Skripsi. Amin
3.     Lulus kuliah dan langsung bekerja

RENCANA JANGKA PANJANG
1.     Mempunyai usaha sendiri dan punya banyak cabang
2.     Menterbitkan buku atau novel karya sendiri
3.     Mempunyai rumah, mobil, dan bisa menghajikan orang tua dan juga saya
4.     Menikah dengan pasangan
5.     Liburan pergi ke Paris

PERANAN ORANG TUA DALAM KESUKSESAN SAYA
Peranan orang tua dalam kesuksesan tentunya beliau adalah yang paling penting atau halnnya menduduki peranan nomor satu karna kita bisa sukses itu pasti berkat do’a dan perjuangan mereka. Dan kalau tanpa do’a mereka pasti kita belum tentu berhasil menuju kesuksesan. Karna do’a mereka itu adalah sebuah obat atau pertolongan untuk kita jika kita mendapat kesusahan.

Dan tebukti sekali orang-orang yang sudah sukses itu adalah mereka yang selalu beterimakasih dan berbakti kepada orang tuannya dan orang tuanya juga senatiasa selalu mendo’akan mereka dan kesuksesan mereka dibarengi dengan kebahagian-kebahagiaanyang tiada tara.
            Sepertinya cukup itu saja yang saya ceritakan. Terimakasih kalian telah membacanya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar