Selasa, 23 Desember 2014

Tulisan 10 - Latihan Soal Pengambilan Keputusan Dalam Kondisi Konflik



1.     Apa yang di maksud :
a.      Pengambilan keputusan dalam kondisi konflik
b.     Teori permainan dan apa kegunaan dalam bidang ekonomi bisnis
Jawaban   :
a. Pengambilan keputusan dengan kondisi konflik terjadi apabila alternatif keputusan yang harus dipilih atau diambil berasal dari pertentangan atau persaingan dari dua atau lebih pengambil keputusan.
b.     Teori permainan dan apa kegunaan dalam bidang ekonomi bisnis
·        Teori permainan adalah suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan pertentangan (konflik) antara berbagai kepentingan, teori ini dikembangkan untuk menganalisis proses pengambilan keputusan dalam kondisi konflik yang melibatkan dua atau lebih kepentingan.
·        Kegunaan Teori Permainan dalam bidang ekonomi bisnis
Kegunaan dari teori permainan adalah metodologi yang disediakan untuk  menstruktur berbagai bidang, meliputi kemilteran bisnis, social, ekonomi dan ekologi. Sebagai contoh pada dunia bisnis, seorang direktur suatu perusahaan didalam memperkenalkan sebuah produk baru berusaha mengetahui kemungkinan strategi paling baik atau suatu kombinasi strategi untuk merebut market share yang lebih besar, sementara saingannya juga mencoba memperkenalkan produk sejenis dengan strategi yang berbeda dengan direktur pemasaran tersebut, antara lain : penurunan harga, pemberian hadiah, peningkatan mutu produk, memilih media advertasi yang efektif. Disinilah peranan teori permainan untuk menentukan strategi mana yang akan diputuskan oleh direktur pemasaran tersebut untuk merebut pasar.

2.     Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur dari teori permainan?
Jawaban   :
a.      Pemain
Adalah kepentingan-kepentingan yang bersaing dalam permainan yang masing-masing merupakan pengambilan keputusan.
b.     Aturan-aturan
Adalah kerangka dimana para pemain memilih strategi  mereka, artinya pemain berhak atau berkuasa untuk menentukan strateginya.
c.      Hasil Keluar (outcome)
Adalah hasil-hasil dari permainan biasanya disajikan dalam bentuk matriks pay off yang berbentuk angka-angka.
d.     Variabel-Variabel
Adalah faktor-faktor (termasuk sumbe daya) yang mempengaruhi jalannya permainan, dalam hal ini mempengaruhi keputusan pilihan dan hasil-hasil keluar.
e.      Kondisi informasi
Adalah informasi yang akan mempengaruhi atau menentukan gerakan-gerakan masinh-masing pemain.
f.       Pemberian Nilai
Adalah pemberian nilai ditujukan kepada hasil keluar (outcome), pemberian nilai ini dilakukan oleh pemain dan akan mempengaruhi atau menentukan pilihan alternative.

3.     Suatu permainan dapat berjalan dengan baik dan lancar apabila memiliki sifat-sifat apa saja?
Jawaban  :
Sifat-sifat permainan
a.      Jumlah pemain terbatas
b.     Untuk setiap pemain terdapat jumlah kemungkinan yang terbatas
c.      Terdapat pertentangan kepentingan antar setiap pemain
d.     Aturan permainan untuk mengatur di dalam memilih tindakan diketahui oleh setiap pemain
e.      Hasil seluruh kombinasi yang mungkin dilakukan berupa bilangan positif, negatif, atau nol

4.     Jelaskan arti istilah-istilah berikut :
a.      Permainan 2 Pemain Jumlah Nol
b.     Permainan Strategy Murni
c.      Permainan Strategy Campuran
d.     Titik Pelana (Saddle Point)
e.      Baris Dominated
f.       Kolom Dominated

Jawaban   :
a.      Permainan dua pemain dengan jumlah nol
adalah model pertentangan yang paling umum dalam dunia bisnis.  Permainan ini dimainkan oleh dua pemain/orang atau dua organisasi yang secara langsung mempunyai kepentingan yang berhadapan.  Disebut permainan jumlah nol (0) karena keuntungan/kerugian 1 pemain adalah sama dengan kerugian/keuntungan 1 pemain lainnya, sehingga jumlah total keuntungan dan kerugian adalah nol (0).
b.     Permainan strategi murni
Dalam permainan strategi murni, strategi optimal untuk setiap pemain adalah dengan menggunakan strategi tunggal. Pemain baris mengidentifikasikan strategi optimalnya melalui aplikasi kriteria maksimin (maximin) dan pemain kolom dengan kriteria minimaks (minimax). Nilai yang dicapai harus merupakan maksimum dariminimaks baris dan minimum dari maksimin kolom, titik ini dikenal sebagai titik  pelana (saddle point).
c.      Permainan strategi campuran
Kedua pemain menggunakan campuran startegi yang berbeda-beda dan tidak terjadi titik keseimbangan (titik pelana) pada hasil permainannya (hasil optimalnya). Pada permainan ini, diterapkan prinsip dominan yang bergurna untuk mengurangi matriks pay off /penyederhanan matriks pay off dan upaya perhitungannya.
d.     Saddle Point (Titik Pelana) adalah suatu unsur didalam matriks permainan yang sekaligus sebagai maksimin baris dan minimaks kolom. permainan dikatakan bersaing ketat (Strictly determined) jika matriksnya memiliki titik pelana. Strategi yang optimum bagi masing-masing pemain adalah strategi pada baris dan kolom yang mengandung titik pelana tersebut. dalam hal ini baris yang mengandung titik pelana merupakan strategi optimum bagi pemain pertama, sedangkan kolom yang mengandung titik pelana merupakan strategi optimum bagi pemain lain.
e.      Baris Dominated
Adalah apabila semua elemen dari suatu baris sama atau lebih kecil dengan elemen dalam posisi yang sama dari baris lain, baris tersebut dikatakan dominated.
 f.       Kolom Dominated
Adalah apabila semua elemen dari suatu kolom lebih besar atau sama dengan elemen dalam posisi yang sama dari kolom lain, kolom tersebut dikatakan dominated.
 

0 komentar:

Posting Komentar