Selasa, 04 November 2014

Tulisan 6 - Bagaimana Mengatasi Rasa Jenuh dan Bosan?






Lumrah seorang manusia mengalami kebosanan karena rutinitas sehari-hari, apalagi yang selalu menonton itu-itu saja. Biasanya lingkungan tempat kerja, rutinitas harian, pekerjaan bisa sangat terasa menjemukan. Rasa bosan biasanya bersifat sementara, namun apabila dibiarkan berlarut-larut dapat mengakibatkan sejumlah masalah serius.

Seorang  yang dalam keadaan bosan akan sulit bergembira, sulit berkonsentrasi, minim antusiasme, dan tidak enerjik. Dalam taraf yang lebih parah, kebosanan akan berubah tingkat menjadi kejenuhan, dan apabila ini terus menempuk dan berlarut bisa menimbulkan tekanan dan stress. Untuk itu, rasa jenuh dan bosan harus segera diatasi sebelum berlarut-larut menjadi jenuh bahkan stess.

Akibat terburuk dan kejenuhan bisa menimbulkan bahaya hidup, jika melakukan tindakan mengatasi kebosanan yang buruk, misalnya mabuk, bejudi, dan mengkonsumsi narkoba dan akhirnya kencaduan. Rasa bosan yang tak segera diatasi juga dapat membuat orang mengambil keputusan singkat dengan mengabaikan tanggung jawab pribadi, misalnya drop out dari sekolah atau kuliah, meninggalkan pekerjaan, bahkan bercerai. Sementara kejenuhan dapat menimbulkan depresi, dan paling parah bisa menimbulkan keinginan untuk bunuh diri.

Untuk itu, sangat penting untuk menghilangkan kebosanan. Kebosanan dapat diatasi dengan melakukan beberapa hal yang positif, bahkan bisa semangat membangun kreatifitas dan bermanfaat bagi anda.

Berikut ini beberapa aktivitas yang dapat mengusir kebosanan atau kejenuhan yang positif, yang sekaligus akan memberikan manfaat:
1.     Membangun kebiasaan membaca
Membaca merupakan kebiasaan yang baik. Masih ingat kan dengan ungkapan buku adalah jendela dunia? Dan di era digital sekarang, bahkan semakin murah dan udah, karena kita dapat memperoleh ragam informasi dari belantara  internet. Lalu, bagaimana jika anda orang yang agak apatis membaca? Ah, sepertinya itu bisa diatasi. Anda hanya perlu mengigat minat anda, lalu cari informasi tentang bidang apa yang anda minati. Membaca menjadi satu-satunya cara memperluas wilayah privasi anda yang tidak dapat diinvasi oleh siapapun.

2.     Menyalurkan dan mengembangkan Hobi Anda
Bila Anda punya hobi lain, itu bagus untuk dikembangkan. Melakukan hobi biasanya menyenangkan diri sendiri, disamping hobi juga berpotensi menjadi bisnis. Misalnya hobi melukis. Koleksi lukisan Anda dapat Anda pajang di sebuah Toko Online. Anda mungkin berpikir “siapa yang akan tertarik?” Anda tidak perlu berpikir begitu, ada miliyaran orang di dunia seperti saya Anda mencari sesuatu di Internet. Just do it, ada kemungkinan duit akan datang. Ya! Bisnis diinternet, sekurang-kurangnya adalah menulis blog, maka Anda sudah bisa mengurangi kebosanan dan sekaligus mendapat $$$, atau apapun dari hobi Anda yang bisa dikembangkan dan yang bisa menyenangkan Anda tentunya..

3.     Bergabung di suatu komunitas
Tanyakan pada diri Anda, komunitas semacam apa yang member manfaat positif dan membuat Anda enjoy. Menjadi bagian dari suatu komunitas dapat menjunjang perkembangkan profesi atau keahlian Anda. Bergabung dalam satu komunitas tidak hanya bisa dilakukan secara fisik, seperti bergabung disuatu organisasi konvesional. Bergabung dalam sebuah forum di Internet juga bisa menjadi cara yang efektif kerena dapat berbagai informasi dengan tidak harus bertatap muka.

4.     Pikul tanggung jawab Anda
Hidup tidak selalu melakukan hal yang tepat, kita pernah melakukan kesalahan. Bila Anda berkecil hati karena merasa gagal “jangan menyerah, lakukan lebih baik! Jika Anda merasa kecil hati karena kurang dihargai atas upaya Anda, ingatlah bahwa ada hari esok. Anda punya pilihan meneruskan atau mencoba yang lain.

5.     Jangan menutup diri
Kebosanan sering dipicu oleh kegiatan yang menonton. Hampir tidak ada kegiatan yang tidak membosankan, kecuali kita melakukan dengan porsi yang dapat kita tanggung. Bila Anda bosan atau jenuh dengan pekerjaan, Anda perlu menyelidiki penyebabnya. Ungkin Anda perlu sedikit kelonggaran, gunakan waktu bersaa keluarha atau tean. Atau lakukan apa yang membuat Anda senang.

6.     Pilih hiburan yang cocok
Sudah menjadi kebiasaan banyak orang setelah lepas dari aktifitas seharian, secara sengaja atau tidak sengaja kita nongkrong di depan televisi. Bila tidak selektif, informasi di telefisi dapat membuat pikiran Anda makin ruwet. Ada ungkapan bahwa bad news is good news. Media hampir tidak pernah peduli bagaimana tayangan tersebut bisa mempengaruhi psikologis Anda. Yang mereka pedulikan hanya apakah Anda mendengar, alias jangan kemana-mana setelah yang satu ini!. Nikmatilah hiburan atau media yang cocok dan membuat anda lebih baik.






Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar