Perbedaan Antara Kelas
Sosial dan Status Sosial
- Status sosial adalah sekumpulan hak dan kewajian yang dimiliki seseorang dalam masyarakatnya (menurut Ralph Linton). Orang yang memiliki status sosial yang tinggi akan ditempatkan lebih tinggi dalam struktur masyarakat dibandingkan dengan orang yang status sosialnya rendah
- Kelas sosial adalah stratifikasi sosial menurut ekonomi (menurut Barger). Ekonomi dalam hal ini cukup luas yaitu meliputi juga sisi pendidikan dan pekerjaan karena pendidikan dan pekerjaan seseorang pada zaman sekarang sangat mempengaruhi kekayaan atau perekonomian individu.
Pemilikan
Kepemilikan
status sosial di masyarakat sangat di harapkan bagi sebagian besar masyarakat
untuk bisa menaikan tingkat kelas sosial yang ada. Tidak dipungkiri bahwa
status sosial sangatlah diperlukan individu untuk dapat bergaul di masyarakat
luas tanpa merasa rendah kelas sosialnya.
Dinamika
Kelas Sosial
Suatu keniscayaan bahwa manusia
tidak mampu hidup tanpa bantuan manusia lainnya. Hakikat pokok dari manusia
sebagai makhluk sosial. Nyatanya hal ini yang juga menjadi pembeda antar kita
dengan binatang. Manusia memiliki interaksi serta komunikasi sosial yang
kompleks, berbeda dengan binatang yang cenderung mengikuti naluri alamiah
semata.
Berbagai bentuk kelompok sosial
menjadi bukti betapa urgent manusia berkelompok untuk saling memenuhi kebutuhan
hidup. Ada macam – macam latar belkang manusia membentuk kelompok sosialnya.
Latar belakang ini juga menentukan bentuk kelompok sosial serta pola dinamika
didalamnya. Diantara bentuk kelompok sosial itu seperti Ghemeinschaft dan
Gesellschaft.
Dinamika yang sehat dalam kehidupan
bermasyarakat khususnya di dalam kelompok sosial, tergantung bagaimana nilai
dan norma sosial serta kontrol sosial di dalam kelompok mampu dipertahankan dan
dikendalikan. Setiap kelompok sosial pasti memiliki nilai dan norma yang
berlaku. Karena adanya nilai dan norma tersebut maka dibutuhkan kontrol
terhadap pelaksanaannya.
Sosial
Mobility dan Konsekuensinya terhadap Market
Mobilitas
social adalah suatu gerakan dalm struktur social yaitu pola-pola tertentu yang
mengaur organisasi suatu kelompok social.
Tipe gerak social
yaitu:
A. Gerak
social vertical
gerak
social vertikak merupakan suatu perpindahan individu atau objek dari suatu
kedudukan social ke kedudukan lainnya yang tidak sederajat.
Gerak social vertical sesuai dengan
aranhnya dibedakan menjadi dua lagi:
1) Gerak
social vertical naik
Terdapat dua bentuk utama yaitu:
·
Masuknya individu-individu yang
mempunyai kedudukan rendah ke dalam kedudukan yang lebih tinggi.
·
Pembentukan suatu kelompok baru,
yang kemudian ditempatkan pada derajat yang lebih tinggi dari kedudukan
individu-individu pembentuk kelompok tersebut.
2) Gerak
social vertical turun
Terdapat dua bentuk utama
diantaranya:
·
Turunya kedudukan individu ke kedudukan yang lebih rendah derajatnya.
·
Turunya derajat kelompok individu
yang dapat berupa disintegrasi kelompok sebagai suatu kesatuan.
B. Gerak
social horizontal
Gerak
social merupakan suatu perpindaha individu atau objek social dari suatu
kedudukan social ke kedudukan lainya yang sederajat.
Klasifikasi
Geodemografi dan Manfaatnya bagi Pemasar
Segmentasi Pasar: Tindakan membagi
sebuah pasar kedalam kelompok-kelompok konsumen yang berbeda yang diperkirakan
membutuhkan produk. Dalam hal ini perusahaan mengidentifikasi cara-cara yang
berbeda untuk membagi pasar menjadi segmen-segmen, mengembangkan segmen pasar
yang menguntungkan, dan mengevaluasi daya tariknya.
Segmentasi Geodemografis
Jenis
segmentasi gabungan ini didasarkan pada pendapat bahwa orang yang hidup dekat
dengan satu sama lain mungkin mempunyai keuangan, selera, pilihan, gaya hidup,
dan kebiasaan konsumsi yang sama.
Variabel
demografis terdiri atas kerakteristik seperti usia, penghasilan, dan etnis.
Geodemografi merupakan sebuah kombinasi dari karakteristik demografis dan gaya
hidup konsumen dalam cluster geografis. Perusahaan riset pemasaran telah
mengembangkan sistem klasifikasi, atau clustering yang mengidentifikasi segmen-segmen
geodemografis yang berbeda.
Kata geodemografis adalah gabungan dari kata
geografi dan demografi. Dasar pemikiran yang menjadi
landasannya adalah orang-orang yang menetap di area yang sama, misalnya
bertetangga atau dalam satu zona kode area, juga memiliki persamaan dalam
demografi dan gaya hidup. Beberapa perusahaan mengembangkan layanan yang
menghilangkan batas area geografis ke dalam common group, atau cluster, di mana
terdapat orang-orang dengan karakteristik demografis serta gaya hidup yang sama.
Pemasaran untuk Pangsa Kelas Sosial
1) Penentuan
pangsa pasar
Kelas
sosial kerap diterapkan pada masalah penentuan pangsa pasar, proses
mendefinisikan kelompok pelanggan yang homogeny dan membuat tawaran uang kuat
secara khusus untuk mereka.
Prosedur untuk pemangsaan pasar
mencakupi langkah-langkah berikut:
1.
Identifikasi pemakaian kelas sosial
dari produk
2.
Perbandingan variable kelas sosial untuk
pemangsaan dengan variable lain (pendapatan, siklus hidup, dsb.)
3.
Deskripsi karakteristik kelas sosial yang
diidentifikasi didalam target pasar.
4.
Perkembangan program pemasaran untuk
memaksimumkan efektifitas bauran pemasaran yang didasarkan pada konsistensi
dengan sifat kelas sosial.
2) Pengenalan
kebutuhan dan kriteria evaluasi
Sebagai
seorang pamasar, sebelum melakukan proses promosi harus menyiapkan berbagai
macam persiapan, didalam kasus ini persiapan yang harus kita lakukan adalah
menggali informasi tentang kebutuhan dari pangsa pasar kelas sosial dengan
melakukan setidaknya observasi tehadap pangsa pasar kelas sosial.
Pengenalan kebutuhan dan kriteria evaluasi
Sebagai
seorang pamasar, sebelum melakukan proses promosi harus menyiapkan berbagai
macam persiapan, didalam kasus ini persiapan yang harus kita lakukan adalah
menggali informasi tentang kebutuhan dari pangsa pasar kelas sosial dengan
melakukan setidaknya observasi tehadap pangsa pasar kelas sosial.
Proses pencarian
Perbedaan
kelas sosial membedakan pula pola informasi tentang suatu produk yang didapat
oleh masing-masing individu, kelas bawah yang berada didaerah lebih terpencil
akan susah mendapatkan informasi tentang suatu barang yang beredar dipasaran
sedangkan orang kelas menengah keatas lebih mudah mendapatkan informasi
tersebut.
Bahasa Sosial
Pola
bahasa individual berkorelasi erat dengan kelas sosial mereka. Pentingnya
bahasa dapat dimengerti melalui analisis teks yang digunakan didalam iklan.
Mobil mahal seperti Mercedes dan Cadillac menggunakan kata-kata yang lebih
panjang, eufemisme yang lebih sedikit dan lebih banyak bahasa abstrak. Iklan
mobil kelas bawah dan menengah berbicara banyak tentang sifat fisik,menekankan
gambar ketimbang kata dan lebih memungkinkan menggunakan bahasa slang atau
bahasa jalanan.
Proses Pembelian
Status
sosial mempengaruhi di mana dan bagaimana orang merasa mereka harus
berbelanja.Orang dengan status rendah memiliki tempat lokal yang memungkinkan
bertatap muka di mana mereka mendapatkan pelayanan dan kreditt yang mudah acap
kali di dalam lingkungan tempat tinggal.
Konsumen
kelas menengah atas merasa lebih percaya akan kemampuan mereka dalam
berbelanja.Mereka akan bertualang ke tempat – tempat baru untuk berbelanja dan
akan menelajahi sebuah toko untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.Toko
yang memberikan potongan harga secara tradisional menarik bagi kelas menengah
karena mereka cermat dan berpikiran ekonomis dalam pembelian mereka.Pada tahun
– tahun awal,toko yang memberikan potongan harga kerap tidak menjual mereka
bergengsi atau merk desainer,,tetapi karena pendapatan kelas menengah bertambah
dan pengaruh informasi meluas.
Metode
Penelitian Pemasaran Untuk Mengukur Kelas Sosial
Para
peneliti pemasaran mengukur kelas sosial sebagai variabel bebas untuk
menentukan hubungannya dengan variabel terikat yaitu minat akan sesuatu. Metode
objektif memberikan status berdasarkan responden yang memiliki semacam nilai
dari variabel yang distratifikasikan.Variabel yang sering di gunakan yaitu
pekerjaan pendapatan, pendidikan ukuran dan jenis tempat tinggal, pemilikan
barang.
Nilai
– nilai yang di tetapkan dalam satu dri dua cara. Satu metode menggunakan
survei terhadap orang yang diminta untuk meningkatkan prestise orang – orang
dalam berbagai pekerjaan. Metode yang kedua yaitu menggunakan ukuran objektif
seperti peningkatan pendidikan rata –rata atau pendapatan kelompok pekerjaan.
0 komentar:
Posting Komentar