Jumat, 02 Mei 2014

(Tulisan 3) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA DI KALANGAN PELAJAR


Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula informasi yang kita dapatkan. Banyak orang mengatakan bahwa buku merupakan jendela dunia. Mengapa demikian? Karena buku itu sendiri dapat membuka wawasan yang sangat luas. Tidak hanya informasi yang ada dalam negeri, melainkan informasi tentang dunia, bahkan alam semesta.
Namun sangat disayangkan, pada zaman sekarang ini, jarang kita temukan pelajar yang gemar membaca. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk bermain gadget mereka seperti main game dan social media, membuka laptop atau notebook untuk mengecek web-web yang mereka miliki seperti blogger, tumblr, ask.fm, online shop, dll. Atau keluar rumah untuk sekedar jalan-jalan ke mall untuk shopping, makan siang (lunch) atau malam (dinner) bersama teman-teman. Tapi, masih ada juga sebagian dari mereka yang menanamkan sikap gemar membaca, salah satu contohnya membaca buku novel. Itu tak menjadi masalah.  Selagi mereka masih dapat memanfaatkan waktu luang dengan mengisi hal-hal yang bermanfaat, seperti membaca atau belajar.
Namun pada kenyataannya, minat baca remaja sekarang ini sangatlah rendah. Padahal, banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari membaca. Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat baca remaja. Salah satunya adalah karena semakin berkembangnya teknologi.
Untuk itu, perlu dilakukan berbagai cara dalam menanggulangi masalah ini. Hal ini dapat dilakukan melalui lingkungan sekolah maupun oleh pelajar itu sendiri.

Tujuan Meningkatkan Minat Baca

Secara umum minat baca mempunyai tujuan mewujudkan suatu sistem penumbuhan dan pengembangan nilai ilmu yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta mengembangkan masyarakat baca (Reading society) lewat pelayanan masyarakat perpustakaan dengan penekanan pada penciptaan lingkungan baca untuk semua jenis bacaan. Di lingkungan sekolah juga demikian, dengan adanya fasilitas perpustakaan yang memadai akan menumbuhkan minat baca siswa sehingga tercipta pula masyarakat baca di lingkungan sekolah.
Tujuan dari pengembangan minat baca ini antara lain untuk :
1. Mendorong minat dan kebiasaan membaca agar tercipta masyarakat yang berbudaya membaca.
2.     Meningkatkan layanan perpustakaan.
3.     Menciptakan masyarakat informasi yang siap berperan serta dalam semua aspek pembangunan.
4.     Memiliki pengetahuan yang terkini, bukan yang sudah “basi”.
5.     Meningkatkan kemampuan berpikir.
6.     Mengisi waktu luang.

Minat baca dapat ditumbuhkan dan dikembangkan, sehingga menjadi kebiasaan melalui penguasaan teknik membaca yang tepat. Teknik membaca yang tepat dapat membuat membaca lebih efisien, efektif, serta menarik.

Faktor yang Mempengaruhi Menurunnya Minat Baca
Secara umum, terdapat dua faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya minat baca siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa, seperti pembawaan, kebiasaan dan ekspresi diri.  Sementara faktor eksternal meliputi belum tersedianya bahan bacaan yang sesuai, status social, pengaruh teman sebaya, orang tua, guru, televisi, serta film.
·        Belum tersedianya bahan bacaan yang sesuai, maksudnya adalah siswa masih memilih-milih bahan bacaan, padahal, untuk dapat meningkatkan minat membaca, tidak harus membaca buku yang sangat kita senangi, karena dengan cara membaca bahan bacaan apapun, secara tidak langsung kita sedang melatih diri agar terbiasa untuk membaca, sehingga kita akan senang membaca, karena membaca adalah untuk mendapat informasi, dan informasi itu dapat diperoleh dari berbagai macam bahan bacaan.
·        Status sosial, membaca bukan untuk orang yang status sosialnya tinggi, tetapi membaca yaitu untuk semua lapisan masyarakat yang ingin mengubah kebiasaan buruk, yaitu tidak mau membaca. Walaupun seseorang yang dikatakan status sosialnya rendah, tetapi jika kita banyak membaca, maka sebetulnya kita sedang melakukan proses kemajuan.
·        Orang tua atau keluarga, keluarga merupakan faktor utama yang mempengaruhi minat membaca. Lingkungan yang pertama dan utama adalah rumah. Dalam hal ini, orang tualah yang paling mempengaruhi perkembangan minat membaca anak. Rangsangan yang diberikan orang tua agar anak gemar membaca lebih baik bila diberikan sejak dini mungkin daripada menyuruh anak membaca di usia sekolah. Hal ini karena pada anak usia sekolah telah mengenal aktivitas yang lebih mengasyikkan. Oleh karena itu, bila orang tua mampu memberikan dorongan dan terlibat dalam kesiapan membaca anak, maka dengan sendirinya anak akan terdorong untuk terus membaca.
·        Guru, dalam proses belajar mengajar di sekolah, metode pengajaran pada umumnya masih berjalan satu arah. Guru dianggap sumber pengetahuan dan pemilik informasi utama. Siswa dianggap penerima informasi, sehingga perlu disampaikan melalui bahasa lisan. Padahal sudah seharusnya murid diajak untuk menggali sejumlah pengetahuan dengan caranya sendiri. Salah satunya adalah dengan membaca buku.
Banyak guru yang kurang dapat membangkitkan nalar serta kreativitas siswa. Siswa hendaknya diberi motivasi agar mampu belajar mencari dan menganalisis data. Guru tidak hanya mengajar secara searah, tetapi juga harus banyak melakukan dialog dengan menggunakan sumber informasi yang ada, misalnya buku. Dalam hal ini, guru bisa meminta kepada siswa untuk mempelajari suatu tema atau materi tertentu untuk diujikan. Materi yang diujikan tidak harus bersumber dari buku pelajaran yang menjadi pegangan utama siswa, tetapi bisa diperoleh dari berbagai sumber bacaan.
Faktor eksternal ini mempengaruhi adanya motivasi, kemauan, dan kecenderungan untuk selalu membaca. Namun, selain dari faktor tersebut, masih ada faktor yang mempengaruhi menurunnya minat baca, yaitu :
1.     Teknologi yang semakin canggih
Banyaknya media hiburan seperti TV, computer atau laptop, handphone atau gadget, VCD, tape recorder,dan lain–lain. Hal ini banyak menyita waktu dan orang lebih memilih menikmati hiburan dibandingkan dengan membaca buku.
2.     Kurangnya kesadaran
Jika masing-masing individu menanamkan rasa kesadaran akan pentingnya membaca, tentu saja hobi membaca akan muncul dalam diri kita dan membaca akan menjadi kebutuhan bagi diri kita.
3.     Kurangnya motivasi
Motivasi dari berbagai pihak amat dibutuhkan terutama dari dewan guru dan orang tua remaja.
4.     Suasana perpustakaan yang kurang nyaman

Cara Meningkatkan Minat Baca
Banyak cara membiasakan diri pada seorang anak maupun remaja dalam membaca. Misalnya, dengan 1.    Menjaga kesehatan, karena jika badan kurang sehat akan menimbulkan rasa malas untuk belajar, mengoleksi buku-buku bacaan atau cerita yang berhubungan dengan pengetahuan.
Selain itu, untuk meningkatkan minat baca di kalangan siswa, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh sekolah maupun kalangan siswa itu sendiri. Hal yang harus dilakukan oleh sekolah, yaitu:
a.     Penciptaan suasana kelas yang mendukung dengan menempel pajangan hasil karya siswa dengan rapi serta slogan-slogan ajakan agar siswa gemar membaca.
b.     Penyediaan buku-buku bacaan yang memadai, baik dari segi kuantitas judul buku maupun kualitas buku di perpustakaan dan setiap ruang kelas.
c.      Penciptaan antusiasme pada setiap individu siswa terhadap pentingnya membaca buku dan berbagai sumber ilmu lainnya.
d.     Rak buku yang dipajang rapi dan menarik untuk dieksplorasi isinya dengan ditampilkan laksana "gedung bioskop" atau "gedung teater".
e.     Ada poster berisi cuplikan isi buku baru dan laku keras di masyarakat.
f.       Tersedia tempat baca buku lesehan di sekolah, misalnya di depan-depan kelas.
g.     Tersedia ruangan khusus dengan satu atau dua komputer yang berisi permainan seputar perbukuan, kepenulisan, dan penulis.
h.     Memberikan pemahaman akan pentingnya membaca
Cara ini menekankan pada siswa bahwa membaca memiliki banyak manfaat. Karena dari membaca pengetahuan semakin luas dan akan banyak hal baru yang akan kita dapat.
i.        Membuat suasana perpustakaan menjadi nyaman.
Suasana perpustakaan yang nyaman membuat para siswa betah untuk berlama-lama di perpustakaan dan hal ini akan mendorong siswa untuk berkunjung ke perpustakaan serta membaca buku–buku yang ada.
j.        Ketersediaan buku-buku yang berkualitas di perpustakaan
Buku-buku yang berkualitas dan mudah di telaah akan mendorong para siswa untuk gemar membaca dan menjadikan membaca sebagai kebutuhan.

Siswa juga perlu melakukan sesuatu agar dapat menumbuhkan dan selanjutnya meningkatkan minat bacanya, yaitu:
        1.     Yakin bahwa gemar membaca merupakan hal yang terbaik untuk dapat bersaing di era global,
        2.     Memiliki niat yang tulus untuk membaca,
        3.     Seringlah mendatangi perpustakaan setiap ada waktu luang,
      4.     Menambah wawasan dengan menyisihkan uang lebih untuk membeli buku, minimal satu buku setiap bulannya, bukan membeli pulsa
        5.     Mulailah membaca sebuah buku dengan membaca daftar isinya terlebih dahulu,
        6.     Catatlah setiap ada informasi penting dari buku yang Anda baca, dan
        7.      Bersenang-senang dengan buku, dan
       8.     Ceritakan atau sampaikan informasi yang telah Anda peroleh setelah membaca  buku kepada teman Anda, begitu juga sebaliknya.

Manfaat Meningkatkan Minat Baca

      Adapun manfaat dari membaca, yaitu :
     1.     Memperluas ilmu pengetahuan
            Dengan membaca kita dapat menambah wawasan seluas mungkin
      2.     Dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
       Dengan gemar membaca, pelajaran yang sulit akan dapat kita atasi sehingga prestasi belajar meningkat.
    3.     Dapat membantu program pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan  bangsa.
   4.  Memenuhi kepentingan hidup, dengan membaca siswa akan memperoleh pengetahuan praktis yang berguna dalam kehidupan mereka sehari-hari.
        5.     Meningkatkan minat siswa terhadap suatu bidang.
Mengetahui hal-hal yang aktual, dengan membaca siswa dapat mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar maupun di seluruh dunia yang mungkin berhubungan materi pelajaran, sehingga siswa dapat menerapkan dengan kehidupan nyata.

Selain itu, dengan membaca siswa dapat menambah informasi bagi diri sendiri, meningkatkan pengetahuan serta menambah ide. Jadi jelas pengaruh bacaan sangat besar terhadap peningkatan cara berfikir seorang siswa.

Kesimpulan
Berdasarkan uraian-uraian yang telah dijelaskan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa tingginya minat baca sangat dibutuhkan oleh setiap orang, terutama bagi kalangan pelajar. Oleh karena itu dibutuhkan berbagai cara untuk meningkatkan minat baca di kalangan pelajar ini. Cara tersebut dapat dilakukan melalui lingkungan sekolah, maupun oleh pelajar itu sendiri. Hal terpenting yang harus dilakukan oleh pelajar adalah dengan menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya membaca. Karena hal ini akan dapat membawa manfaat yang sangat besar, terutama bagi pelajar itu sendiri.

Saran
Berdasarkan pembahasan tersebut, maka saran penulis adalah:
1.   Marilah kita meningkatkan kesadaran diri untuk membaca. Karena membaca akan memberikan kita manfaat yang sangat besar.
2.   Sebaiknya sekolah membuat program membaca bagi siswa. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong para siswa agar gemar membaca dan menjadikan membaca sebagai kebutuhan.
3.  Perlunya dorongan dari berbagai pihak untuk meningkatkan minat baca pelajar, terutama oleh pihak keluarga dan sekolah.

Daftar Pustaka 
http://julina9877.blogspot.com/2012/12/contoh-karya-ilmiah-sederhana.html
http://the-ladunni.blogspot.com/2012/02/faktor-yang-mempengaruhi-rendahnya.html

1 komentar:

chintia lim mengatakan...

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Posting Komentar