E-Commerce layanan menjanjikan
kemudahan bertransaksi
Saturday, 23 June 2012 - 10:00
Deskripsi
E-Commerce adalah prosedur berdagang atau mekanisme jual-beli di
internet dimana pembeli dan penjual dipertemukan di dunia maya. E-Commerce juga
dapat didefinisikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara online
atau directselling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website
yang dapat menyediakan layanan “get and deliver”. E-Commerce akan merubah semua
kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk
kegiatan trading (perdagangan). Proses yang ada dalam E-commerce adalah sebagai
berikut :
·
Presentasi electronis (Pembuatan Web site) untuk
produk dan layanan.
·
Pemesanan secara langsung dan tersedianya
tagihan.
·
Otomasi account Pelanggan secara aman (baik
nomor rekening maupun nomor kartu kredit)
·
Pembayaran yang dilakukan secara Langsung
(online) dan penanganan transaksi.
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antaralain: eBay,
Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal.
Keunggulan
dan Kelemahan e-commerce
·
Keuntungan E-Commerce
a.
Bagi Perusahaan yaitu memperpendek jarak,
perluasan pasar dengan kata lain,
mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif, serta mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya possurat, pencetakan, report, dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan pendapatan.
b. Bagi Consumen, efektif, aman secara fisik dan flexible.
c. Bagi Masyarakat Umum, mengurangi polusi dan pencemaran lingkungan,membuka peluang kerja baru, menguntungkan dunia akademis, meningkatkan kualitas SDM.
mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif, serta mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya possurat, pencetakan, report, dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan pendapatan.
b. Bagi Consumen, efektif, aman secara fisik dan flexible.
c. Bagi Masyarakat Umum, mengurangi polusi dan pencemaran lingkungan,membuka peluang kerja baru, menguntungkan dunia akademis, meningkatkan kualitas SDM.
·
Kekurangan e-Commerce
a.
Meningkatkan Individualisme, pada perdagangan
elektronik seseorang dapat bertransaksi dan
mendapatkan barang atau jasa yang diperlukan tanpa bertemu dengan siapapun.
b. Terkadang Menimbulkan Kekecewaan, apa yang dilihat dilayar monitor komputer kadang berbeda dengan apa yang dilihat secara kasat mata.
c. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
d. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi korban.
kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padamb. Terkadang Menimbulkan Kekecewaan, apa yang dilihat dilayar monitor komputer kadang berbeda dengan apa yang dilihat secara kasat mata.
c. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
d. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi korban.
e.
Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan
pelayanan. Kesalahan ini bersifat
Sumber :
·
Sejarah singkat
perkembangan E-Commerce :
Istilah
"perdagangan elektronik" telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya,
perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti
penggunaan EDI
untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau
invoice secara elektronik.
Kemudian dia
berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat
"perdagangan web" — pembelian barang dan jasa melalui World Wide
Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi
untuk merahasiakan data penting pelanggan.
Pada awalnya ketika
web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa
e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat
tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan.
Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web
perdagangan ini.
·
Tujuan dari aplikasi
E-Commerce adalah :
1. Memudahkan
orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet. Seseorang hanya membutuhkan akses internet dengan menggunakan web browser.
2. Menjadikan
portal e-commerce / e-shop tidak sekedar portal belanja, tapi menjadi tempat
berkumpulnya komunitas dengan membangun basis komunitas, membangun konsep bahwa
pasar bukan sekedar tempat jual beli tapi bisa juga sebagai pusat informasi
(perusahaan penjual, barang yang dijual dan sebagainya).
3. Dengan
e-commerce, pelayanan jual beli relative lebih cepat dari pada pembelian barang secara konvensional.
4. Informasi
produk/barang yang ditawarkan lebih up to date (terkini).
5. Model
pembayaran bisa melalui kartu kredit atau transfer melalui rekening.
·
Tujuan Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistem
E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih
efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.
·
Manfaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Manfaat dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu
perusahaan sebagai sistem transaksi adalah:
a.
Dapat meningkatkan market exposure (pangsa
pasar).
Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
b. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi
Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi
c.
Melebarkan
jangkauan (global reach).
Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
d.
Meningkatkan customer loyalty.
Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
e. Meningkatkan supply
management.
Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
f.
Memperpendek waktu produksi.
Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.
Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.
·
Ancaman Menggunakan E-Commerce (Threats)
Threats merupakan
kemungkinan-kemungkinan munculnya kejadian yang dapat membahayakan asset-aset
yang berharga.
Ada beberapa bentuk ancaman yang mungkin terjadi:
Ada beberapa bentuk ancaman yang mungkin terjadi:
a. System Penetration
Orang-orang yang tidak berhak melakukan akses ke
system computer dapat dan diperbolehkan melakukan segala sesuatu sesuai dengan
keinginannya.
b. Authorization Violation
Pelanggaran atau penyalahgunaan wewenang legal
yang dimiliki seseorang yang berhak mengakses sebuah sistim.
c. Planting
Memasukan sesuatu ke dalam sebuah system yang
dianggap legal tetapi belum tentu legal di masa yang akan datang.
d. Communications Monitoring
Seseorang dapat mernantau semua infonnasi
rahasia dengan melakukan monitoring komunikasi sederhana di sebuah tempat pada
jaringan komunikasi.
e. Communications Tampering
Segala hal yang membahayakan kerahasiaan
informasi seseorang tanpa melakukan penetrasi, seperti mengubah infonnasi
transaksi di tengah jalan atau membuat sistim server palsu yang dapat menipu
banyak orang untuk memberikan infonnasi rahasia mereka secara sukarela.
f. Denial of service
Menghalangi seseorang dalam mengakses informasi,
sumber, dan fasilitas-fasilitas lainnya.
g. Repudiation
Penolakan terhadap sebuah aktivitas transaksi
atau sebuah komunikasi baik secara sengaja maupun tidak disengaja.
·
Manfaat E-Commerce :
1. Revenue
stream baru
2. Market
exposure, melebarkan jangkauan
3. Menurunkan
biaya
4. Memperpendek
waktu product cycle
5. Meningkatkan
customer loyality
6. Meningkatkan
value chain
·
Faktor kunci sukses dalam E-Commerce :
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce
bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya
tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus,
struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan,
desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap,
cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang
lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon,
penawaran istimewa, & diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan
pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, &
masukan dari pelanggan.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
·
Masalah E-Commerce :
1. Penipuan
dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
2. Hukum
yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
·
Aplikasi bisnis :
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan
e-commerce adalah:
1. E-mail
dan Messaging
2. Content
Management Systems
3. Dokumen,
spreadsheet, database
4. Akunting
dan sistem keuangan
5. Informasi
pengiriman dan pemesanan
6. Pelaporan
informasi dari klien dan enterprise
7. Sistem
pembayaran domestik dan internasional
8. Newsgroup
9. On-line
Shopping
10.
Conferencing
11. Online
Banking
·
Perusahaan terkenal :
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini
antara lain:
1. eBay,
2. Yahoo,
3. Amazon.com,
4. Google, dan
5. Paypal.
·
10 Perusahaan E-Commerce yang ada di Indonesia :
1. Wiliam
Tanujaya (Tokopedia.com)
2. Ken
Dean Law (Kaskus.us)
3. Kusumo
Martanto (BliBli.com)
4. Edward
Kim (DealGoing.com)
5. Edi
Taslim (Gramedia.com)
6. Hendrik
Tio (Bhinneka.com)
7. Dwi T.
Cahyono (Multiply.com)
8. Remco
Lupker (TokoBagus.com)
9. Jullian
Gafar (Berniaga.com)
10. Aris
Siswoko (Plasa.com)
Contoh
web yang menggunakan layanan E-Commerce yaitu Bhinneka.com
Definisi Bhinneka.com
Bhinneka.com adalah
bisnis online store yang bergerak di bidang penjualan
perangkat-perangkat IT atau teknologi. Penjualan ini didukung oleh berbagai
macam outlet dari bhineka.com yang tersebar luas di beberapa tempat di Jakarta
sehingga dapat menjangkau tempat-tampat yang jauh dan memudahkan pengiriman.
Tidak hanya berfungsi untuk memberikan informasi akan tetapi juga berfungsi
sebagai tempat bertransaksi. Ini memberikan kemudahan kepada calon pelanggan
karena mereka tidak harus langsung datang ke toko tapi bisa membeli dengan
transaksi secara online.
Salah satu hal yang sangat diunggulkan dan
disebut sebagai hal yang sangat penting di Bhinneka.com adalah fasilitas yang
menyediakan harga-harga barang-barang elektronik dalam segala macam jenis dan
tipenya. Hal ini membuat para calon pembeli dapat membandingkan dengan tepat
lainnya sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat. Banyak para pengguna
internet yang menggunakan website ini sebagai tempaat untuk mendapatkan referensi
dari harga-harga barang elektronik. Menurut pendapat saya omline store adalah
suatu bisnis yang sangat menguntungkan dan sangat dibutuhkan di Indonesia pada
saat ini terutama Jakarta yang hampir setiap harinya di penuhi oleh kemacetan
dan hiruk pikuk orang yang melakukan aktifitas harian mereka. Online strore ini
secara tidak langsung memberikan solusi dan kemudahan bagi para calon pelanggan
untuk memilih cara yang lebih efisien dan nyaman untuk membeli keperluan
mereka.
Mengenai Bhinneka.com
Bhinneka.com merupakan salah satu toko online
terbesar di Indonesia yang menjual komputer dan aksesorisnya, tulisan ini
penulis buat untuk melihat bagaimana kita bisa menirunya sesuai dengan
kebutuhan produk yang ingin kita jual secara online.
Pertanyaan pertama yang paling sering ditanyakan
adalah mengapa harus berpromosi secara online, apa sih untungnya?? Pertama
adalah, Anda sama seperti berpromosi 24 jam nonstop. Kedua, Anda layaknya
Superhero yang dapat berbeda di tempat yang berbeda di waktunya yang sama, dan
dengan ini efektifitas promosi Anda akan meningkat dengan tajam. Ketiga Anda
tidak perlu menyewa tempat untuk penjualn yang relatife mahal sekarang ini,
karena anda bisa berpromosi online dengan 0 rupiah (menggunakan blog gratisan).
Cara Promosi Bhinneka.com
Cara promosi bhinneka.com
di media website adalah dengan cara sebagai berikut :
1.
Tampilan Situs
Bila kita lihat
sepintas Bhinneka.com tidak terlihat seperti situs lainnya, di background yang
dominan warna hijau terdapat semacam ornamen yang mengingatkan kita kepada
batik yang sangat khas menggambarkan Indionesia. Terdapat menu navigasi yang
lengkap dengan sub menu memudahkan pengunjung untuk mengetahui produk mana yang
diinginkannya. Selain itu Bhinneka.com juga menyediakan pilihan untuk ngebrowse
produk yang mereka butuhkan. Namun ada satu yang menurut saya agak mengganggu
yaitu gambar topeng di sebelah kiri atas, karena membuat header yang berwarna
hijau ciamik menjadi terpotong.
Secara umum tampilan Bhinneka.com tidak
mengecewakan dan bahkan cenderung lebih mudah untuk mencari barang yang
diinginkan dan tidak membuat bingung seperti yang sering tampak pada toko
online.
2.
Fitur yang cukup
lengkap
Kelengkapan fitur yang merupakan syarat mutlak
bagi sebuah situs toko online untuk meningkatkan pelayanan yang menjadikan
sebuah nilai tambahan dari situs sejenis. Bila kita lihat di Bhinneka.com
terdapat fitur-fitur yang cukup membantu pengunjung seperti :
1. Fitur
pencari, memudahkan pengunjung untuk menemukan produk yang dibutuhkan (fitur
wajib).
2. Fitur
keranjang belanja, yang memperlihatkan produk apa saja yang kita beli di
Bhineka.com (fitur wajib).
3. Fitur
chating, memudahkan untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan sebagai
media untuk saling negoisasi (fitur tambahan yang sangat berguna).
4. Fitur
konversi mata uang, sangat berguna untuk menentukan harga produk dalam mata
uang asing (fitur tambahan).
Namun
satu fitur yang kurang dari Bhinneka.com dari situs toko online lainnya yaitu,
fitur simulasi yang memebuat calon pembeli menjadi lebih mudah mengetahui harga
komputer rakitan yang ingin di beli.
3.
Bahasa campuran
Bila kita perhatikan deskripsi produk di bhinneka.com
menggunakan versi bahasa inggris, padahal akan lebih baik bila Bhineka.com
tersedia dalam dua versi bahasa yaitu inggris dan indonesia.
Bahasa yang dicampur ini akan membuat
pengunjung kurang nyaman, dan membuat beberapa dari mereka kurang mengerti
(asumsi tidak semua pengunjung dapat berbahasa inggris dengan baik) apabila
sepesifikasi produk hanya tersedia dalam bahasa inggris.
4.
URL yang kurang ramah
mesin pencari
Hal ini yang perlu kita perhatikan dari Bhinneka.com,
karena ternyata URL yang digunakan oleh Bhinneka.com belum ”ramah” kepada mesin
pencari seperti Google, Yahoo, dll. Karena URL yang digunakan tidak berdasarkan
jenis produk atau kategori produk, sehingga bila kita mencari di Google dengan
menggunakan nama-nama produk praktis URL dari Bhinneka.com tidak akan terindex.
Jadi bila pembaca pada suatu saat nanti ingin membuat
situs toko online, maka gunakan URL yang ”ramah” mesin pencari supaya calon
pembeli cepat menemulan situs Anda.
Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa e-commerce
merupakan sebuah sistem yang dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan
efisiensi dan efektifitas dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi
informasi untuk meningkatkan kualitas dari produk atau service dan informasi
serta mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan sehingga harga dari produk atau
service dan informasi tersebut dapat ditekan sedemikian rupa tanpa mengurangi
dari kualitas yang ada.
Bhinneka.com memang salah satu situs toko
online yang perlu dicontoh dalam banyak hal, dan tentu saja masih memiliki
beberapa kelemahan. Yang perlu kita perhatikan di saat kita ingin membangun
sebuah situs toko online, namun di luar itu semua yang lebih penting adalah
pemanfaatan kepercayaan pembeli yang datang kepada kita sebagai penjual, karena
sebagus apapun situsnya bila pelayanan Anda dalam menindaklanjuti pembelian dan
mungkin dalam menanggapi keluhan Pembeli diabaikan di kemudian hari pembeli tidak akan
membeli atau mengorder lagi produk atau service ditoko online yang kita punya,
karena service yang diberikan kepada penjual kurang memuaskan.
Tanggal
mengakses halaman web :
Sunday,
24 June 2012 – 09:00
0 komentar:
Posting Komentar