Kamis, 29 Maret 2012

Usaha Ratu Salon

Seiring dengan perkembangan zaman, maka dunia usaha dan industry juga mengalami perkembangan yang semakin pesat. Terbukti dengan banyaknya para pengusaha memulai berbagam usaha dan pasti akan menghasilkan laba untuk meningkatkan taraf hidup para pengusaha dan karyawan di usaha tersebut. Salah satu bisnis dalam bidang jasa yang saat ini sedang berkembang adalah salon kecantikan. Semua wanita ingin cantik. Selalu ada saja membuat penampilan baru. Tidak heran kalau salon menjadi industry yang berkembang pesat sekarang ini.
          Untuk bisnis atau usaha yang satu ini sangat menyenangkan untuk dijalani khususnya bagi kaum wanita. Berbagai cara dilakukan wanita untuk memelihara kecantikannya. Salah satunya yaitu pergi ke salon. Karena di salon wanita dapat memelihara rambut, memelihara kecantikan kuku, lulur, spa, pijat refleksi dan lain sebagainya.
Visi  :
·         Memberikan pelayanan kecantikan, tata rias rambut, tata rias wajah dengan mengedepankan kepuasan pelanggan
·         Menjadikan Ratu Salon unggul dalam mutu dan pelayanan
·         Mensejahterakan Karyawan

Missi  :
·         Merawat rambut konsumen Ratu Salon secara  sempurna
·         Meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan secara terus-menerus
·         Menggunakan produk-produk berkualiatas dan aman dalam memberikan pelayanan/perawatan
·         Memegang teguh prinsip kejujuran dan kedisiplinan dalam memberikan pelayanan
·         Menjadikan kepuasan pelanggan sebagai tolak ukur keberhasilan salon
·         Komitmen kuat dalam menjaga kualitas pelayanan
·         Berusaha untuk memberi  manfaat yang positif bagi lingkungan disekitar Ratu Salon

Tujuan :  
 Mengambil simpati dan pasar wanita di wilayah Jakarta Timur agar mau memelihara/merawat rambut di Ratu Salon

Alamat: Jl Wijaya Kusuma 2 Blok 25 No.2 Prumnas Klender

Jam operasional : 
 Pukul 09.00 pagi s.d. pukul 22.00

Jasa salon meliputi antara lain : 
Cuci dan blow, gunting rambut, keriting, cat rambut,   creambath, medicure dan pedicure,dan lain-lain.

Lokasi Usaha yang Dipilih :
Lokasi usaha yang dipilih adalah di Jl Wijaya Kusuma 2 Blok 25 No.2 Prumnas Klender
Alasan-alasan dipilihnya lokasi ini adalah :
·         Hak sewa telah dimiliki
·         Lokasinya strategis
·         Pendapatan masyarakat di sekitar lokasi diperkirakan cukup baik
·         Di daerah sekitar banyak sekolah-sekolah mulai dari Sd, SMP, SMA dan Banyak Usaha disekelilingnya beragam sehingga fasilitas sekelilingnya termasuk lengkap yaitu :  wartel, rumah makan, pasar swalayan, kios buah dan kios ikan-ikan banyak dikunjungi oleh konsumen sebagai target pasar.

Sumber Daya Manusia untuk Bisnis Salon
Usaha salon yang akan dibentuk ini, karena merupakan usaha kecil masih membutuhkn sedikit tenaga kerja dan dengan manajemen personalia yang sederhana. Orang-orang yang berperan dalam usaha ini adalah sebagai berikut :
·         Pemilik Salon
·         Kepala salon, bertugas :
1.     Membuat manajemen salon yang efektif dan efisien
2.    Mengawasi dan mengontrol seluruh karyawan dan memacu prestasi mereka.
·         Staf Keuangan, bertugas :
1.     Membuat laporan penghasilan harian.
2.    Menerima setoran dari kasir dan menyimpannya
3.      Mengatur pengeluaran dan membuat laporannya.
·          Kepala Hair Stylist, bertugas :
1.     Menangani langganan yang membutuhkan pelayanan dengan keahlian khusus, misalnya menggunting rambut, mengkriting, mengecat rambut, dll
2.    Mengawasi pekerjaan para pegawai salon.
3.    Mengontrol stok dan menangani pembelian bahan-bahan salon dan peralatan salon yang kurang/telah habis.
·          Hair Stylist senior, bertugas :
Menangani langganan yang membutuhkan pelayanan dengan keahlian khusus.
·         Karyawan salon, bertugas :
Menangani pelanggan yang tidak membutuhkan pelayanan dengan keahlian khusus, misalnya mancuci rambut, blow sederhana, creambath, dll.
Analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Weakness)  Bisnis Salon

STRENGTH (KEKUATAN)
·         Lokasi yang strategis (mudah dilalui oleh kendaraan pribadi/angkutan umum).
·         Harga yang ditawarkan murah dan mampu bersaing dengan yang lain.
·         Pelayanan yang cepat (tidak terlalu lama menunggu untuk dilayani).
·         Mempunyai fasilitas salon yang baik dengan ruangan yang cukup nyaman.
·         Kesiapan modal yang memadai.
·         Usaha di sekitar salon yang saling mendukung.
·         Desain Interior yang Gaul dan Menarik

WEAKNESS (KELEMAHAN)
·         Mencari sumber daya manuia yang terampil sangatlah sulit.
·         Turn over/keluar masuknya tenaga kerja sangat tinggi.
·         Produk yang ditawarkan harus lebih bervariasi.
·         Parkiran kecil

OPPORTUNITIES (KEUNGGULAN)
·         Tersedianya tenaga kerja yang banyak
·         Kebutuhan masyarakat akan penataan/perawatan rambut cukup tinggi.
·         Iklan dari media massa akan produk-produk salon atau perawatan rambut yang cukup gencar.
·         Perkembangan teknologi peralatan yang semakin baik.

THREATS (ANCAMAN)
·         Ancaman pesaing di sekeliling lokasi.
·         Ada perubahan selera dari pelanggan yang harus diantisipasi (dalam masalah tata rambut, style,dll)
·         Teknologi yang sedang berkembang.
·         Harga barang-barang dari suplier yang berbeda-beda
·         Keadaan pasar yang berubah-ubah sehingga sulit diprediksi

PESAING RATU SALON
·         Gaul Salon
Ciri kualitas utama yang dimiliki adalah kenyamanan suasana yang ditawarkan yang menyebabkan ruangan salon Lebih eksklusif.
Sebagai perbandingan, harga cuci blow adalah Rp. 25.000,00 perkepala.
·         Gayatri Salon
Ciri kualita utama yang dimiliki adalah harga karena harga yang ditawarkan tidak terlalu tinggi.
Sebagai perbandingan harga cuci blow adalah Rp. 14.500,00 perkepala.
·         Pelangi Salon
Ciri kualitas utama yang dimiliki adalah kecepatan pelayanan karena antrean yang tidak begitu banyak.
Sebagai perbandingan, harga cuci blow adalah Rp. 15.000,00 per kepala.
·         Jony Andrean Salon
Ciri kualitas utama yang dimiliki adalah daya tampung yang cukup besar karena telah mempunyai pelanggan yang cukup besar.
Sebagai perbandingan, harga cuci blow adalah Rp. 20.000,00 perkepala.

Dari pemaparan diatas maka harga rata-rata untuk cuci blow dari pasaran di wilayah itu adalah paling mahal Rp 20.000,00 dan paling murah Rp. 14.500,00 per kepala. Sebagai perbandingkan harga cuci blow biasa yang akan ditawarkan di Ratu Salon yaitu sebesar Rp. 13.500,00 per kepala.

Daftar Harga Salon

CUCI BLOW BIASA PENDEK / PANJANG
13.500,-
C / B VARIASI PENDEK
15.000,-
C / B VARIASI PANJANG
17.500,-
MELURUSKAN RAMBUT PENDEK
65.000,-
MELURUSKAN RAMBUT PANJANG
80.000,- 100.000,-
KERITING BULUMATA
25.000,-
CAT RAMBUT PENDEK
65.000,-
CAT RAMBUT PANJANG
80.000,- 100.000,-
TONING PENDEK
65.000,-
TONING PANJANG
80.000,-
CREAMBATH PENDEK
22.500,-
CREAMBATH PANJANG
25.000,-
TREATMENT PENDEK
20.000,-
TREATMENT PANJANG
25.000,-
MAKE UP
50.000,-
SANGGUL
30.000,-
SANGGUL MODERN
25.000,- 30.000,-
HIGHLIGHT PENDEK
40.000,-
HIGHLIGHT PANJANG
80.000,-
CABUT ALIS
5.000,- 7.500,-
MENICURE-PEDICURE
25.000,-
MENICURE
12.500,-
PEDICURE
12.500,-
GUNTING WANITA
20.000,-
GUNTING PRIA
15.000,-
Harga Sudah Termasuk Cuci Blow (CB)
Sumber : Ratu Salon


NAMA         :
·        SITI  NURHASANAH    (16211822)
·         HANIFA AZLAN SYAH (132111194)
KELAS         :  1EA18

0 komentar:

Posting Komentar