1. Apa yang di maksud :
a.
Pengambilan
keputusan dalam kondisi konflik
b.
Teori permainan
dan apa kegunaan dalam bidang ekonomi bisnis
Jawaban :
a. Pengambilan
keputusan dengan kondisi konflik terjadi
apabila alternatif keputusan yang harus dipilih atau diambil berasal dari
pertentangan atau persaingan dari dua atau lebih pengambil keputusan.
b.
Teori permainan
dan apa kegunaan dalam bidang ekonomi bisnis
·
Teori permainan
adalah suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan
pertentangan (konflik) antara berbagai kepentingan, teori ini dikembangkan
untuk menganalisis proses pengambilan keputusan dalam kondisi konflik yang
melibatkan dua atau lebih kepentingan.
·
Kegunaan Teori
Permainan dalam bidang ekonomi bisnis
Kegunaan dari teori
permainan adalah metodologi yang disediakan untuk menstruktur berbagai bidang, meliputi
kemilteran bisnis, social, ekonomi dan ekologi. Sebagai contoh pada dunia
bisnis, seorang direktur suatu perusahaan didalam memperkenalkan sebuah produk
baru berusaha mengetahui kemungkinan strategi paling baik atau suatu kombinasi
strategi untuk merebut market share yang
lebih besar, sementara saingannya juga mencoba memperkenalkan produk sejenis
dengan strategi yang berbeda dengan direktur pemasaran tersebut, antara lain :
penurunan harga, pemberian hadiah, peningkatan mutu produk, memilih media
advertasi yang efektif. Disinilah peranan teori permainan untuk menentukan
strategi mana yang akan diputuskan oleh direktur pemasaran tersebut untuk
merebut pasar.
2. Sebutkan dan
jelaskan unsur-unsur dari teori permainan?
Jawaban :
a. Pemain
Adalah kepentingan-kepentingan yang
bersaing dalam permainan yang masing-masing merupakan pengambilan keputusan.
b. Aturan-aturan
Adalah kerangka dimana para pemain
memilih strategi mereka, artinya pemain
berhak atau berkuasa untuk menentukan strateginya.
c. Hasil Keluar (outcome)
Adalah hasil-hasil dari permainan
biasanya disajikan dalam bentuk matriks pay off yang berbentuk angka-angka.
d. Variabel-Variabel
Adalah faktor-faktor (termasuk sumbe
daya) yang mempengaruhi jalannya permainan, dalam hal ini mempengaruhi
keputusan pilihan dan hasil-hasil keluar.
e. Kondisi informasi
Adalah informasi yang akan mempengaruhi
atau menentukan gerakan-gerakan masinh-masing pemain.
f. Pemberian Nilai
Adalah pemberian nilai ditujukan kepada
hasil keluar (outcome), pemberian
nilai ini dilakukan oleh pemain dan akan mempengaruhi atau menentukan pilihan
alternative.
3. Suatu permainan
dapat berjalan dengan baik dan lancar apabila memiliki sifat-sifat apa saja?
Jawaban :
Sifat-sifat permainan
a. Jumlah pemain
terbatas
b. Untuk setiap
pemain terdapat jumlah kemungkinan yang terbatas
c. Terdapat
pertentangan kepentingan antar setiap pemain
d. Aturan permainan
untuk mengatur di dalam memilih tindakan diketahui oleh setiap pemain
e. Hasil seluruh
kombinasi yang mungkin dilakukan berupa bilangan positif, negatif, atau nol
4. Jelaskan arti
istilah-istilah berikut :
a. Permainan 2
Pemain Jumlah Nol
b. Permainan
Strategy Murni
c. Permainan
Strategy Campuran
d. Titik Pelana
(Saddle Point)
e. Baris Dominated
f. Kolom Dominated
Jawaban :
a. Permainan dua
pemain dengan jumlah nol
adalah model pertentangan yang paling umum dalam
dunia bisnis. Permainan ini dimainkan
oleh dua pemain/orang atau dua organisasi yang secara langsung mempunyai
kepentingan yang berhadapan. Disebut
permainan jumlah nol (0) karena keuntungan/kerugian 1 pemain adalah sama dengan
kerugian/keuntungan 1 pemain lainnya, sehingga jumlah total keuntungan dan
kerugian adalah nol (0).
b. Permainan strategi
murni
Dalam permainan strategi
murni, strategi optimal untuk setiap pemain adalah dengan menggunakan strategi
tunggal. Pemain baris mengidentifikasikan strategi optimalnya melalui aplikasi
kriteria maksimin (maximin) dan pemain kolom dengan kriteria minimaks
(minimax). Nilai yang dicapai harus merupakan maksimum dariminimaks baris dan
minimum dari maksimin kolom, titik ini dikenal sebagai titik pelana (saddle point).
c. Permainan strategi
campuran
Kedua pemain menggunakan campuran startegi yang
berbeda-beda dan tidak terjadi titik keseimbangan (titik pelana) pada hasil
permainannya (hasil optimalnya). Pada permainan ini, diterapkan prinsip dominan
yang bergurna untuk mengurangi matriks pay off /penyederhanan matriks pay off
dan upaya perhitungannya.
d. Saddle Point (Titik Pelana) adalah suatu unsur didalam
matriks permainan yang sekaligus sebagai maksimin baris dan minimaks kolom.
permainan dikatakan bersaing ketat (Strictly
determined) jika matriksnya memiliki titik pelana. Strategi yang optimum
bagi masing-masing pemain adalah strategi pada baris dan kolom yang mengandung
titik pelana tersebut. dalam hal ini baris yang mengandung titik pelana
merupakan strategi optimum bagi pemain pertama, sedangkan kolom yang mengandung
titik pelana merupakan strategi optimum bagi pemain lain.
e. Baris Dominated
Adalah apabila semua elemen dari suatu baris sama
atau lebih kecil dengan elemen dalam posisi yang sama dari baris lain, baris
tersebut dikatakan dominated.
f. Kolom Dominated
Adalah apabila semua elemen dari suatu kolom lebih
besar atau sama dengan elemen dalam posisi yang sama dari kolom lain, kolom
tersebut dikatakan dominated.
0 komentar:
Posting Komentar